Kopi Tubruk Pantai Barat

Ini ada artikel menarik ketika saya googling tentang kopi Aceh..
Indonesia memang kaya akan budaya.. termasuk budaya meminum kopi..
Source nya ada di bawah... selamat menikmati...
Terima kasih buat mas Isack Farady yg udah sharing...

==========

Kopi Tubruk Pantai Barat
Posted on October 25, 2007 by isackfarady

Srruurrrpppp…….. hmmm nikmat…

Sedikit cerita nih pas mudik kemarin, secara gw orang Meulaboh. Ada salah satu hal yang gw rasa menarik buat gw ceritain di diblog gw ini. Ini bisa gw bilang menarik kenapa, karena gw disini mau ngomong tentang minum kopi. Kalo orang Jepang boleh bangga dengan adat minum teh mereka nah orang Aceh boleh juga dong bangga dengan minum kopinya mereka hehehe…
Kalo yang kita tahu selama inikan minum kopi itukan ya kaya biasa, kopi diseduh lalu diminum secara biasa dan disajikan secara biasa seperti layaknya minum air putih ato minum susu pada biasanya. Nah kali ini gw mau kenalin yang namanya kopi tubruk, khas Aceh Barat. Kopi yang rasa, aroma yang dahsyat! dan yang lebih istimewanya lagi adalah cara penyajiannya. Gw saranin lo gak usah nyoba bikin deh soalnya bakal ribet kalo gak ngerti cara penyajiannya, aneh sih kalo gw bilang. hehehe…

Gw juga gak ngerti kenapa namanya kopi tubruk, yang jelas seahu gw tubruk itu bukan bahasa Aceh deh. Tapi whateverlah yang penting disini gw mau promosiin kopi kebanggan orang Aceh Barat hwahaha…

Kopi ini disajikan secara terbalik, lha kok bisa? ya bisa. lo liat aja gambar yang gw ambil pake poto hape gw tuh. Cara penyajiannya kopi dibalik ato gelasnya di telungkupkan ke piring. Nah sekatang posisi mulut gelas itu ada dibagian bawah gelas, bingung?

Jelasnya gw gak ngerti cara penyajiannya bisa jadi kaya gitu yang jelas konon kata orang sono kalo kopi itu akan lebih berasa nikmatnya biji kopi harus matang sempurna dan harus dengan air matang yangmendidih di 100derajat celcius lho, percaya ato gak yang jelas emang sih kopi bakal kerasa kopi kalo dalam cara penyeduhannya menggunakan air yang mendidih dari pada menggunakan air yang dari dispenser yang kayanya gak mendidih di titik didihnya air.

Bisa jadi juga dengan keadaan kaya gini, kopi di telungkupkan dan dibiarkan kebalik yang otomatis gak ada udara yang terlepas secara tuh kopi kan dalam keadaan tertutup ato tanpa udara sama kaya kopi yang gelasnya dikasi penutup gelas.

Dan kerennya lagi bubuk kopi yang digunakan itu adalah bubuk kopi khas aceh yang masih kasar, bayangin biji kopinya bisa segede biji jagung. Wah pokonya sedep banget dah nah cara minumnya juga khas, kopi diminum dengan cara meniupkan udara melalui sedotan kearah dalam gelas tapi ini harus hati-hati banget dalam meniupnya :p karena kalo salah-salah bisa tumpah tuh kopi kalo niupnya kekencengan, kacau kan?

Lebih baek lo kalo mau nyoba mending belajar dulu cara minumnya deh…

Wah kalo lo mau nyoba silahkan dateng aja ke Aceh pasti lo bisa temuin nih kopi, khususnya kalo lo dateng ke daerah pesisir pantai barat Aceh yang paling banyakmenyajikan kopi jenis ini. Gw aja ketagihan minum kopi ini, padahal gw gak doyan kopi lho. Tapi kalo udah kena kopi Aceh semua lewat dah… yang pantangan aja gw jabanin. hehehe…. dasar.

No comments:

Related Posts with Thumbnails