Inilah Manfaat Kopi yang Bisa Kita Rasakan Sebelum Olahraga

Berdasarkan penelitian, minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak.

Bagi sebagian orang, memulai hari tidaklah lengkap bila belum menyeruput secangkir kopi. Mereka percaya, kopi bisa membuat hari mereka lebih bersemangat dan mengurangi rasa lelah. Ternyata manfaat kopi juga bisa dirasakan jika diminum sebelum olahraga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan, minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Ini dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi plasebo.

Peneliti mengatakan, dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 miligram kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein atau sekitar 355 mililiter kopi seduh.

Selain membantu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak, kopi juga diketahui dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya. Berikut di antaranya.

1. Memperbaiki sirkulasi 

Baru-baru ini, penelitian asal Jepang mempelajari efek kopi pada sistem sirkulasi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi. Setiap peserta diminta minum 148 ml kopi baik yang biasa maupun yang ditambah kafein. Kemudian peneliti menghitung aliran darah pada tubuh masing-masing peserta. Ternyata peserta yang minum kopi yang diperkaya kafein memiliki aliran darah lebih cepat 30 persen selama 75 menit dibandingkan peserta lainnya.

2. Lebih sedikit nyeri 

Peneliti dari University of Illinois menemukan, mengonsumsi kafein yang sama dengan dua hingga tiga kali cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga akan mengurangi nyeri otot pascaolahraga intensitas tinggi. Kafein bekerja untuk mendorong otot lebih kuat selama berolahraga sehingga kekuatan dan ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

3. Ingatan lebih baik 

Studi yang dipublikasi dalam Johns Hopkins University menemukan, kafein mampu meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Dalam olahraga, ingatan yang baik juga diperlukan untuk mengingat gerakan tertentu.

4. Menjaga otot awet muda 

Peneliti asal Coventry University menemukan kekuatan otot menurun karena penuaan. Namun ternyata dalam moderasi, konsumsi kafein dapat membantu mengurangi cedera otot karena penuaan saat berolahraga.

5. Otot lebih bertenaga 

Studi baru dalam Journal of Applied Physiology menemukan, sedikit kafein sesudah olahraga juga dapat bermanfaatkan, khususnya untuk menjaga daya tahan orang yang berlatih setiap hari, seperti atlet.

Sumber: National Geographic

No comments:

Related Posts with Thumbnails