Cara Menikmati Kopi

Banyak yang menanyakan pada saya bagaimana caranya menikmati secangkir kopi? Pada dasarnya, cara yang benar untuk menikmati kopi adalah jika kopi bisa menjadi sebuah kenikmatan bagi anda. Cara yang salah adalah jika kopi justru membuat anda merasa tidak nyaman. Contohnya jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, minum kopi akan membuat Anda terjaga. Nah, Perlu Anda ingat bahwa kopi mengandung racun yang bernama kafein. Seperti obat, kafein bisa menyehatkan sekaligus melukai kita. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, mudah marah, dan gangguan tidur.

Kesalahan lainnya adalah membiarkan anak Anda minum kopi sebagai ganti minuman bergizi lain yang dibutuhkan anak. Kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kafein dapat mencuri kalsium dari tulang, dan bisa membuat tulang anak menjadi rapuh.

Inilah cara minum kopi yang disarankan: Minum lebih sering dalam dosis kecil. Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif daripada jika Anda menenggak satu mug besar.

Isi dulu perut Anda. Bohong bila ada yang mengatakan bahwa minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar, yang membuat anda merasa kenyang adalah kandungan Gula atau Susu yang terdapat dalam kopi anda. Hal itu hanya membuat perut Anda kembung. Justru Anda harus makan sebelum minum kopi.

Anda tidak perlu minum kopi bila:

  1. Anda merasa gelisah atau jantung berdebar-debar setelah meminum kopi.
  2. Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia).
  3. Anda punya masalah dengan perut, atau gangguan dalam pencernaan.
  4. Anda sedang mengonsumsi obat flu atau sakit kepala yang juga mengadung kafein. Hal ini akan melebihi kuota kafein yang aman.

Selamat menikmati Kopi anda.

2 comments:

mesin kopi said...

Kopi itu nikmat sob, jadi tidak ada yang boleh merubah kenikmatan itu.
Setujukah???

JT said...

mesin kopi: Setuju banget sob, bagaimanapun cara nyeduh-nya...

Related Posts with Thumbnails