Kopi Kapal Api

Akhirnya setelah sekian lama tidak mengupdate blog ini saya kembali tergerak menulis setelah membaca artikel berikut...

Kedua orang tua saya dan Kakek nenek saya sudah meminum kopi sejak lama. Bahkan Kakek saya dimasa hidupnya pernah berdagang kopi kiloan di pasar Mester, begitu pula dengan Om saya yang juga berdagang kopi kiloan di daerah Bojong.

Kopi Kapal Api, merupakan merk Kopi yg saya sudah kenal sejak kecil. Bahkan mungkin kopi pertama yg saya pernah cicipi adalah Kopi Kapal Api. Kedua orang tua saya telah meminumnya sejak dulu dan tidak pernah menggantinya sampai sekarang. Diantara banyaknya bermunculan merk-merk lain dengan packaging dan rasa yg beraneka ragam, Kopi Kapal Api akan selalu menjadi pilihan mereka.

Dengan lamanya menguasai pasar, tak heran Kapal Api mampu menjadi Top Of Mind bagi para penikmat kopi. Selain itu bagi saya, pada Kopi kapal Api ada yg berbeda dari rasanya, harumnya dan teksturnya yang cocok bagi saya. Aromanya menyisa di rongga dan Tidak langsung kering dimulut. Manis dan Harum jika dikulum, Heavy body dan tidak masam.

Mungkin bagi para Coffe Cuppers bisa lebih mendeskripsikan lagi rasa dari Kopi Kapal Api ini... monggo silahkeun comment dengan hasil Cuppingnya supaya yg pingin nyoba Kopi Kapal Api gak penasaran lagi...

=====================

Pangsa pasar kopi bubuk instant di negara kita hingga kini masih dikuasai Kapal Api Group yang diproduksi oleh PT. Santos Abadi Jaya. Perusahaan kopi bubuk yang tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, lebih dari 81 tahun silam pada tahun 1927, itu kini menguasai mayoritas market share kopi bubuk domestik.



Kalau mengacu pada “Indonesian Consumer Profile (ICP) 2008” hegemoni Kapal Api Group (Kapal Api, ABC, Ya, dan Good Day) agaknya sulit digeser oleh produk kopi bubuk instant manapun. Maklum, berdasar hasil riset yang MARS Indonesia lakukan pada 2006 dan 2007, perusahaan ini masih menjadi jawara di pasar serbuk penyegar badan dan penahan kantuk tersebut.

Tahun 2007, Kapal Api bertengger di posisi teratas dengan porsi 44,3% sedikit lebih tinggi dari tahun 2006 yang memperoleh 44,0%. Disusul kemudian oleh ABC, dengan porsi 17,9%, naik sedikit dari tahun 2006 yang mendapat porsi 17,5%. Sedangkan merek Ya bertengger pada posisi ke-6 pada 2006 dengan porsi 2,3% dan posisi ke-8 pada 2007 dengan porsi 2,2%. Sementara Good Day berada pada posisi ke-13 pada 2006 dengan porsi 0,6% dan posisi ke-11 pada 2007 dengan porsi 0,9%.

Adapun yang menguntit ketat Kapal Api Group pada posisi ketiga, keempat, kelima dan seterusnya adalah Nescafe, Torabika, Indocafe, Tugu Luwak, Kopi Mix, Ayam Merak, Gelatik, Singa, dan lain-lain. Hanya saja, total market share mereka masih jauh di bawah Kapal Api Group.

Kenapa Kapal Api menjadi jawara? Tak lain adalah ramuan istimewa Kapal Api menawarkan kualitas yang terbaik, rasa yang mantap dan aroma yang memikat. Untuk memenuhi kebutuhan akan kenikmatan kopi, Kapal Api dibuat dalam beragam pilihan mulai dari Kapal Api Special (kopi bubuk murni), Kapal Api Special Mix (kopi plus gula), Kapal Api Kopi Susu (kopi, gula dan susu) sampai ke produk yang terakhir diluncurkan, Kapal Api Mocha (kopi, gula, susu dengan campuran cokelat).

Sebagai produk berkualitas prima yang didukung penuh oleh manajemen yang handal serta distribusi yang merata, Kapal Api dengan tagline “Jelas Lebih Enak” kini bukan hanya memimpin pasar di Indonesia, namun juga telah berhasil memasuki pasar-pasar di Asia Tenggara dan dunia.

Guna melanjutkan sukses merek Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merek kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu ABC, Good Day, Ya, Excelso, dan Kapten.

Lalu, bagaimana untuk riset 2008, apakah Kapal Api Group akan mampu mempertahankan hegemoninya ataukah akan tergeser oleh para kompetitornya? Mari kita tunggu hasil riset MARS Indonesia berikutnya! ***
 

2 comments:

Cynthya Van Laurent said...

Special Mix n Special Mix Hitam...my favourites...I do adore those 2 (♥-̮♥)

sinta said...

kopi yang legendaris

Related Posts with Thumbnails